-->

Aksi = - Reaksi Dunia Sosial

Teko Hijau - Social
Social 
Penulis    : Febri Sawaludin

Para Pelajar SMP/SMA pasti pernah mempelajari  mata pelajaran Fisika atau Ilmu Pengetahuan Alam, mungkin bagi sebagian pelajar ada yang menyukai dan ada pula yang tidak menyukai pelajaran tersebut. Di SMA terbagi menjadi  2 jurusan yaitu Ilmu pengetahuan Alam dengan Ilmu Pengetahuan Sosial, mungkin kita semua beranggapan bahwa mereka itu benar – benar berbeda dan tidak  akan ada sangkut pautnya, nah tetapi saya menemukan pemikiran baru, yaitu Hukum Newton di dunia social, bagaimana Hukum Newton yang akrab bagi anak IPA disambungkan dengan dunia IPS?

Disaat saya mengamati adik saya yang melemparkan bola ke dinding, lalu bolanya terpental kembali saya teringat akan sebuah teori Hukum Newton ke III mengenai  Aksi dan Reaksi, Aksi = - Reaksi.
Disaat memberi aksi 10 maka kita akan mendapatkan reaksi 10 juga, disaat kita menendang bola kearah tembok lalu bola itu terpental kembali, hal itu bisa dijelaskan dengan hukum ini yaitu setelah bola itu kita tendang, bola tersebut mengarah kearah tembok dengan membawa gaya, lalu disaat menyentuh tembok, bola tersebut memberikan gaya yang ia bawa ke tembok (baca : memberikan aksi), lalu tembok tersebut disaat mendapatkan dorongan (gaya aksi) dari bola, tembok tersebut memberikan reaksi yang sama pula, dan bola tersebut mental kearah sebaliknya.

Lalu pertanyaannya adalah mengapa terpental kembali bolanya? dan temboknya tetap diam? hal tersebut dikarenakan ketahanan antara tembok dengan bola, ketahanan tembok lebih besar dibandingkan dengan gaya dorong dari bola tersebut sehingga tembok dapat bertahan, sebaliknya bola ketahanannya lebih rendah dibandingkan gaya dorong atau reaksi dari tembok tersebut sehingga bola tersebut tidak dapat menahan reaksi dari tembok dan terpental.

Hal ini bisa diaplikasikan kedalam kehidupan social diri kita, terkadang disaat kita melihat adanya suatu ketidaksesuaian, kita tergerak untuk merubah ketidaksesuaian tersebut menjadi hal yang sesuai, hal yang buruk kita ubah menjadi hal yang baik. Tetapi disaat kita ingin merubah hal yang buruk tersebut, kita mengalami kegagalan, maka  kita bisa belajar dari Hukum Newton III ini, yaitu disaat kita ingin mengubah sesuatu di kehidupan social seperti kita ingin mengubah seseorang ke arah yang lebih baik maka kita harus memperhatikan apakah kita mampu memberikan aksi yang besar (modal yang besar) untuk merubah orang tersebut, dan apakah kita memiliki ketahanan yang kuat untuk menghadapi reaksi dari orang yang ingin kita ubah tersebut, jangan sampai kita yang ingin membimbing ia kejalan yang lebih baik tetapi malah kita yang kalah akan reaksinya menjadi mundur dan bahkan mengikuti keburukannya.

Teko Hijau - Aksi Reaksi

Kita harus menyiapkan diri kita, kita siapkan amunisi aksi  kita untuk perubahan dengan terus belajar memperoleh ilmu, kita siapkan ketahanan kita dengan  terus melatih mental kita dan spiritual kita agar kita bisa memberikan perubahan di sekitar kita menjadi lebih baik.

0 Response to "Aksi = - Reaksi Dunia Sosial "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel