-->

Besok Deadline! - Pilu antara Kerja dan Kuliah

Hello guys, gimana kabar hari ini ? Semoga selalu dalam keadaan sehat yaaa ^_^

Alfian Bob - Bekerja sambil Kuliah
sumber:salamsantriblog


Ngomongin soal Deadline, kalo denger kata itu pasti setiap orang yang punya tanggung jawab sama tugas atau kerjaannya bisa mendadak panas - dingin dan kadang jantung berdebar - debar saat tenggat waktunya udah mepet banget, hahahaha tapi itu cuma kisah dari sedikit orang. Tapi menurut kalian, Deadline itu Menyenangkan atau Menyebalkan ? 

Baik buruknya suatu Deadline itu tergantung bagaimana orang tersebut mengatur  atau memanajemen waktunya, khususnya bagi seseorang yang Kuliah sambil Bekerja, kalo kamu bisa mengatur skala prioritas waktu dengan baik pasti walaupun tenggat waktunya hanya beberapa hari, kamu gak akan keteteran ngadepinnya.

Bekerja sambil Kuliah ? Mana yang lebih baik ?
Bagi saya, kuliah merupakan suatu kebutuhan yang memang harus di perjuangkan. Mengingat MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang sudah ditetapkan pada tahun 2015 lalu. Lho apa hubungannya dengan Kuliah ? yakni mutu pendidikan tenaga kerja Tanah Air bisa dibilang masih sangat rendah. Faktanya hingga Febuari 2014 jumlah pekerja berpendidikan SMP atau dibawahnya tercatat sebanyak 76,4 juta orang atau sekitar 64 persen dari total 118 juta pekerja di Indonesia. Persaingan sudah ketat, banyak lembaga kursus bahasa yang menyediakan kursus bahasa Indonesia. Karna, kebanyakan Perusahaan di Indonesia memiliki standar bahwa Ijazah D3/ S1 lebih di butuhkan. Sebagai alternatif jika memang kamu hanya lulusan SMK/ sederajat, kamu bisa ambil sertifikasi sesuai dengan keterampilan yang kamu ingin kuasai. Apalagi kalo lulus kuliah punya banyak sertifikasi, jadi deh menantu idaman.. hahaha

Saat ini, saya Bekerja sambil Kuliah di Sekolah yang menyediakan 2 waktu kuliah / siang - malam. Memang berat, lelah, pusing dan banyak gangguannya, tapi milikilah minimal 1 motivasi agar kamu bisa bertahan menghadapi segala macam gangguan yang bisa membuat kamu menyerah.
Bekerja sambil Kuliah, berarti bicara soal waktu dan manajemennya. Saya punya tips untuk kamu yang memang sedang Bekerja sambil Kuliah yang hubungannya dengan tugas - tugas kampus.

1. Buat Schedule untuk aktivitas - aktivitas yang tidak berhubungan dengan Bekerja dan Kuliah.
Banyak dari kamu yang memang punya hobi dan menghabiskan banyak waktu. Bagi saya, hobi itu suatu hiburan tersendiri dan untuk memuaskan diri sendiri. Karna hobi saya motret, maka dari itu saya menjadwalkan kapan saya harus motret. Kamu sibuk dengan tugas dan kerjaan, bukan berarti kamu harus meninggalkan hobi kamu, kamu hanya perlu kurangin waktu untuk hobi kamu. Misal, kamu biasa motret dari jam 2 siang - jam 7 malem, kamu bisa pangkas waktu motretnya dari jam 3 - jam 5 atau hanya 2 - 3 jam aja. Karena aktivitas - aktivitas di luar kerjaan dan tugas itu bagus untuk merefresh dan merelaksasi otak kamu.


2. Buat Schedule untuk Kerjaan.
Kerjaan dan Tugas itu cuma satu hambatannya, yaitu M A L A S yang lain cuma faktor pendukung kemalasan aja. Buat jadwal untuk kerjaan kantor buat kamu yang kerja di kantor, namanya kerjaan kantor ya sebisa mungkin kerjainnya di kantor jangan di jadiin PR,  hahaha anak Es Ed kali ah dijadiin PR .. Kalo kamu kerja di bidang IT, sebenernya malah lebih enak. Karna, kamu punya banyak waktu yang kosong, waktu itu bisa kamu gunain buat belajar atau ngerjain tugas sekalian dan yang lebih bermanfaat lagi, kalo kamu udah buat schedule untuk Daftar Pekerjaan dalam seminggu atau sebulan, kamu di kantor bisa ngerjain tugas kantor buat hari berikutnya di hari ini. Hal itu bisa mengisi waktu yang kosong dalam jam kerja.


3. Buat Schedule untuk Tugas Kuliah.
Satu Mata Kuliah biasanya dalam seminggu hanya sekali pertemuan, artinya jika hari ini Dosen kasih tugas dan harus di kumpulkan atau di presentasikan di pertemuan berikutnya, berarti kamu udah dikasih jatah satu minggu untuk ngerjain tugas itu. Kembali lagi ke point nomor 2, kalo pekerjaan kamu itu banyak waktu luangnya (IT Support contohnya) kamu bisa pakai sedikit waktu luang di jam kerja kamu itu untuk mengerjakan tugas kuliah kamu. TAPI INGAT, bahwa tanggung jawab utama kamu bekerja bukanlah untuk mengerjakan tugas kuliah, kamu bisa pakai waktu kerja yang luang selama 2 jam saja + 1 jam istirahat jadi 3 jam, itu waktu lebih dari cukup. Terus kalo kamu bukan yang pekerjaan yang banyak waktu luang gimana ? Nah, setelah selesai Mata Kuliah kamu bisa pakai untuk cari materi/ bahan - bahan untuk pembuatan tugasnya, hari berikutnya kamu bisa atur untuk membaca isinya, hari berikutnya lagi kamu bisa untuk dibuat tugas. Pemanfaatan waktu sangat penting buat kamu yang kerja sambil kuliah.


Nah, dalam tulisan diatas saya hanya sedikit curhat masalah kerja sambil kuliah. Perbedaan kerja sambil kuliah itu cuma masalah waktu, kamu yang hanya kuliah aja lebih punya banyak waktu untuk fokus. Maka dari itu, kamu harus bisa mengatur waktu kamu dengan benar. Jangan sampai ada yang bilang gini "Kamu ga pernah punya waktu buat aku! - :pdan berakhir seperti chat dibawah ini.

Alfian Bob - Menuju Jones
sumber:brilio - menuju jones

Jadi, selagi kamu punya kesempatan untuk kuliah sebisa mungkin jangan di tunda ya. Apa lagi kalo kamu punya calon mertua yang pandangan pendidikannya lebih di utamakan. Semoga bermanfaat yaa..


0 Response to "Besok Deadline! - Pilu antara Kerja dan Kuliah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel